Jumat, 24 Januari 2014

Template Blog

PENTINGNYA TEMPLATE BLOG
Ada satu kalimat pada iklan TV yang cukup menarik, “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya tererah Anda “. Begitu pula dengan blog Anda, orang tidak akan langung membaca tulisan dalam blog Anda, namun hal pertama yang mereka lihat adalah tampilannya. Sayang bukan, jika Anda mempunyai tulisan bagus, namun begitu orang melihat tampilan blog ada yang kurang menarik, mereka keburu pindah ke blog yang lain sebelum membaca tulian Anda.
Ada banyak sekali jasa penyedia template blog gratis di Internet, seperti finalsense.com, isnaini.com, blogskins.com dan lain sebagainya. Kita juga bisa mengetik dengan kta kunci “free xml bogger template” pada kotak pencarian Google. Selanjutnya, akan muncul banyak ekali website atau blog yang menyediakan jasa penyedia template gratis.

Walaupun begitu, terkadang Anda merasa kurang puas dengan tampilan-tampilan yang itu saja, apa lagi jika tampilan blog Anda sama dengan tampilan blog orang lain. Bagaimana rasanya kalau anda memakai pakaian yang sama dengan orang lain pada waktu dan tempat yang bersamaan ?
Karena blog adalah milik pribadi Anda maka tentu tampilannya harus sesuai dengan keinginan dan tema blog Anda. Saat Anda memiliki sebuah blog, Anda memiliki kebebasan untuk mengekspresikan diri Anda melalui tulisan, yang juga disertai kebebasan dalam membuat tampilan blog. Tidak ada yang bisa membatasi Anda dalam membuatnya karena ini adalah ekpresi kreativitas Anda. Tuangkan semua ide untuk tulisan dan tampilan blog Anda.
Akan terlihat aneh sekali jika anda melihat blog yang memiliki tema tentang informasi seorang caleg, namun memiliki template bergambar tikus.
Untuk menghindari hal-hal demikian, disini Anda akan mulai mengganti template blog.

Mengenal Tata Letak Blogger


Sebelum Anda membuat template untuk blog, alangkah baiknya kita mengenal apa saja bagian dan tata letak sebuah blog terlebih dahulu.
Blog biasanya memiliki 3 bagian, seperti tampak pada bagan dibawah ini.
 
1. Header Blog
Bagian pertama, yang ditunjukan oleh nomor 1 adalah header blog (kepala blog). Dalam istilah blog, header biasanya dinamakan #header-wrapper. Ada berapa turunan untuk #header-wrapper, misalnya #header, #header description dll.
Pada bagian header ini berisi tentang judul blog dan deskripsi blog tersebut. Bisanya background header diisi dengan gambar-gambar agar terlihat menarik, atau dengan kata lain, header bisa mewakili seluruh tema blog yang akan dimiliki. Buatlah bagian header ini semenarik mungkin, bik itu dengan kata-kata atau gambar.
Google jua akan meng-index halaman blog Anda sesuai dengan judul blog dan deskripsi yang Anda buat. Sebagian contoh, Anda membuat blog tentang pemilu 2009 maka agar blog Anda mudah dibaca oleh pembaca diinternet, gunakanlah kata tersebut untuk header blog.
Google meng-index setiap website atau blog sesuai  dengan kata kunci yang dimasukkan pada kotak pencarian. Semakin pas judul blog yang Anda buat dengan kata kunci hasil pencarian maka semakin besar kemungkinan blog Anda masuk pada halaman utama hasil pencarian Google.
Anda bisa masuk urutan 10 besar hasil pencarian. Kita sebagai pengguna Google, tentunya akan mengklik hanya 10 halaman website pertama saja dari hasil pencarian. Kalaupun lebih, bisanya hanya karena iseng saja, dan hal ini pun jarang sekali orang melakukannya.
Satu hal lagi, Anda bisa bayangkan ketika Anda sudah mempunyai tulisan dengan tampilan blog yang bagus, namun tidak satu orangpun yang melihat dan membacanya. Hal ini tentunya akan membuat anda merasa kecewa, bukan ? oleh karena itu, inilah pentingnya masuk urutn 10 besar hasil penarian di Google.
Bagaimana caranya ? Di akhir buku ini saya menambahkan beberapa tips yang mungkin cukup untuk membantu dalam mempromosikan blog Anda.

2. Konten Blog
Bagian kedua, yang ditunjukan oleh nomer 2.1 dan 2.2 adalh konten blog. Konten blog ini biasanya menggunakan istilah #content-wrapper atau #outer-wrapper. Pada bagian ini berisi 2 bagian lagi, yaitu:
 a. Post Blog
Nomor 2.1 adalah tempat posting blog yang berisi berbagai postingan terbaru blog kita. Tempat untuk mengatur lebar halaman posting kita di blog dikenal dengan istilah #main-wrapper. Pada bagian ini terdapat bagian yang lebih spesifik untuk mengatur isinya yaitu pada bagian turunan dari post.
Pada bgian inilah tempat Anda akan menulis, yaitu mulai dari judul tulisan sampai dengan isinya. Kebanyakan orang sangat menyukai tulisan yang spesifik, yang sesuai dengan tema blognya. Sebagai contoh, pada bagian header blog dituliskan “Masakan Indonesia” maka tentu isinya adalah berbagai informasi tentang masak-masakan. Jangan sampai Anda membuat isi tulisan pada blog tadi tentang perang atau masalah perampokan. Hal ini tentu akanmengecewakan pembaca blog Anda.
Halaman posting blog ini juga sangat sensitif untuk bisa ter-index oleh Google. Beberapa bulan yang lalu saya pernah mencari informasi tentang handphone Sony Ericsson dengan tipe tertentu dengan Google. Ada datu website yang sata temukan lewat Google. Setelah saya lihat, ternyata di dalamnya tidak ada informasinya, yang ada hanya semua tipe-tipe handphone-nya yang ditulis pada satu halaman.
b. Sidebar Blog
Nomor 2.2 adalah sidebar, berisi profile kita, atau tempat untuk menambahkan berbgai widget untuk blog. Kadang-kadang sidebar bisa berada di kiri atau di kanan, tergantung keinginan kita, atau bisa kita tambah menjadi 2 atau 3. Dalam istilah blog, sidebar dikenal dengan #sidebar-wrapper. Sama seperti post blog, bagian ini juga ada bagian turunan yang akan mengaturnya, yaitu pada sidebar content.
Sidebar sangat penting. Bagian inilah yang akan menentukan keindahan blog. Semakin lengkap widget dan berbagai aksesoris yang Anda pasang untuk blog maka blog Anda akan semakin indah. Dalam melihat sesuatu, otak manusia sangat tertarik pada sebuah gambar, ini adalah sifat alami otak dari zaman purba. Pada zaman putba, manusia mengomunikasikan tulisnnya dalambentuk gambar dan simbol.
Lengkapilah blog yang Anda buat dengan berbagai widget. Banyak sekali jasa penyedia widget gratis di Internet. Kunjungilah http://www.widgetbox.com. Di situ terdapat banyak sekali jenis widget yang disediakan. Selain memberi hiasan dengan widget, kita juga bisa memasang shoutbox. Shoubox adalah tempat seorang pembaca memberikan komentar pada blog atau hanya sekedar menyapa pemilik blog.

3. Footer Blog
Bagian ketiga, yang ditunjukkan oleh nomor 3 adalah footer blog (kaki blog). Biasanya berisi tentang penjelasan hak cipta atau nama pembuat blog atau alamat pembuat blog. Karena poisinya dibawah, footer blog jarang untuk dimodifikasi sehingga jarang pula menjadi perhatian.
Akan tetapi, sebenarnya tidak ada salahnya kalau kita menjadikan halaman footer ini untuk berbagai fungsi. Ada datu blog yang pernah sata temukan ada bagian footer-nya berisi link-link yang menuju ke blog-blg yang lain. Banyak sekali link tersebut, hampir separuh ukuran blog. Ada juga yang memasang ucapan terimakasih kepada para pembaca blog karena telah mengunjungi blog-nya dan berharap pembaca tersebut bersedia kembali mengunjungi.
Sebenarnya bagian footer ini bisa diatur, tergantung kreativitas pembuat blog. Pembuat blog bebas melakukan apapun pada bagian ini agar blog yang dimiliki semakin bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar